Kamis, 25 November 2010

Tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi ?
- Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin. sedangkan
- Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
   menurut Stephen. P Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasi secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan, bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.


2. Mengapa manajemen selalu di butuhkan dalam setiap aktivitas kita??
yaitu :
- Untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu yang ada dalam organisasi tersebut.
- Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisasi, seperti ; pimpinan, pegawai, pelanggan, serikat kerja, masyarakat, pemerintah (pemerintah daerah), dll.


3. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi ?? dan mengapa prinsip itu diperlukan ??
Menurut Chung & Megginson (1981) prinsip koordinasi dapat didefinisikan sebagai proses motivasi, memimpin, dan mengkomunikasikan bawahan untuk mencapai tujuan organisasi.
Prinsip itu diperlukan karena adanya pembagian kerja di mana semakin besar pembagian kerja, semakin diperlukan pengkoordinasian/penyerasian sehingga tidak  terjadi duplikasi atau tumpang tindih pekerjaan yang menyebabkan pemborosan. menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untuk memberikan fasilitas bagi terlaksananya koordinasi.

4. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efektif dan manajer yag efisien ???
 Manajer yang efektif adalah seseorang (pemimpin perusahaan) yang dapat menjalankan manajemen dengan tepat sehingga berhasil mencapai tujuan yang tepat.
Manajer yang efisien adalah seseorang (pemimpin perusahaan) yang dapat menjalankan manajemen dengan rapi, cermat, teratur sesuai jadwal serta hemat waktu biaya dan tenaga.

5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ??
- Intern :
*keluarga
*pembawaan diri
*pendidikan
*keinginan yang sangat kuat dari dalam diri

-Ekstern
*lingkungan masyarakat
*dorongan dari seseorang
*tuntutan perkembangan zaman
*teman

2 jenis faktor yang mempengaruhi motivasi:
  Intrisik - faktor yang dihasilkan sendiri (tanggung jawab, kebebasan untuk bertindak, lingkup untuk menggunakan dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan, dan menantang pekerjaan yang menarik, peluang untuk kemajuan) - mereka memiliki jangka panjang dan pengaruh yang lebih dalam
ekstrinsik - apa yang dilakukan orang untuk memotivasi mereka (hadiah, promosi, hukuman) - mereka memiliki efek langsung dan kuat, tetapi belum tentu bertahan lama.


sumber :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.themanager.org/Resources/Motivation.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi#cite_note-1
buku pengantar bisnis oleh Widyatmini
http://satya89.wordpress.com/2010/01/08/mengapa-manajemen-diperlukan/
http://oviarema.multiply.com/journal/item/22/KOORDINASI_DALAM_KEPEMIMPINAN




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar