Jumat, 26 November 2010

Tugas 7

1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran !!
a. Konsep produksi
   berorientasi kepada proses produksi (internal). fokus kegiatan perusahaan ialah efisiensi biaya agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen.
b. Konsep produk
   konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. tujuan konsep produksi ialah pengendalian kualitas.
c. Konsep penjualan
   berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan. fokus kegiatan perusahaan ini ialah usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi untuk membujuk konsumen.
d. Konsep Pemasaran
   berorientasi kepada pelanggan (eksternal). fokus kegiatan perusahaan yaitu berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen.
e. Konsep pasar
  Berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar). fokus kegiatan perusahaan ialah berusaha memahami perilaku konsumen dan perilaku pesaing untuk dapat mengatasi persaingan.

2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran !!
pasar =>
  • Tempat pertemuan penjual dan pembeli
  • Tempat terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran sehingga terbentuk harga
  • Kelompok individual yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan merealisasikan pembelian
  • Tempat para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat untuk membeli
pemasaran =>
  • Suatu proses perpindahan barang dan jasa dari produsen ke tangan konsumen
  • Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit)
  • Kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan pembeli
3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ???
- kebutuhan berdasarkan konsep inti pemasaran => sesuatu yang wajib dipenuhi karena mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan jika tidak dipenuhi akan berakibat fatal bagi kehidupan individu itu sendiri.
- keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran => sesuatu yang tidak wajib dipenuhi dan tidak mempengaruhi kehidupan manusia secara langsung.

4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan marketing mix !!
Marketing mix adalah kombinasi dari 4 (empat) variable/kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan disribusi. Atau dengan kata lain marketing mix merupakan kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan/bank untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

http://www.scribd.com/doc/16873750/Manajemen-Pemasaran-Marketing-Mix
buku dasar pemasaran - Teguh Budiarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar