Selasa, 08 Januari 2013

Hadits for teenagers


Indahnya berbagi
“The upper hand is better than lower hand and begin from the members of your household”

Sobat muslim, dengan sabdanya ini Rasulullah saw memberi motivasi agar kita menjadi orang yang suka memberi bukan peminta-minta. Memberi mempunyai kekuatan luar biasa dalam mendatangkan kebahagiaan. Memberi bukan saja membahagiakan orang yang diberi, bahkan orang yang memberi akan merasakan kebahagiaan melebihi kebahagiaan orang yang diberi.

Seorang psikolog bercerita bahwa salah satu pasiennya berkonsultasi. Ia mengadukan jiwanya yang terasa hampa. Ia merasa hidupnya tidak pernah berarti. Kekayaannya yang melimpah tidak membuatnya bahagia. Perjalanan wisatanya ke berbagai tempat di dalam dan luar negeri tidak membuat kegelisahannya sirna. Sang psikolog kemudian menganjurkan agar ia mulai menolong sesama dengan cara memberi. Orang itu mengamalkan saran sang psikolog. Beberapa waktu kemudian, ia datang dengan wajah berseri-seri. “Saya sekarang tahu bagaimana memperoleh kebahagiaan itu,” katanya, “Ternyata memberi bisa mendatangkan kebahagiaan. Saya bahagia sekali ketika melihat orang yang saya beri matanya berbinar-binar. Saat itu saya merasakan kebahagiaan luar biasa, melebihi kebahagiaan orang yang saya beri.”

Sobat muslim, Rasulullah mengingatkan kita agar mulai memberi kepada orang yang lebih dekat dengan kita dan benar-benar sedang membutuhkan bantuan. Baru kepada orang lain. Jika tidak demikian, maka sia-sialah pemberian kita itu. Beliau menjelaskannya. “Demi zat yanng mengutusku dengan kebenaran, Allah tidak akan menerima sedekah seseorang yang mempunyai kerabat yang sangat membutuhkan bantuannya, sedangkan sedekahnya malah diberikan kepada orang lain. Allah tidak akan memperhatikan orang yang berprilaku demikian di akhirat kelak.”

Karena itu sobat muslim, termasuk perbuatan kurang baik, jika kamu dermawan kepada orang lain, misalnya suka mentraktir teman-temanmu atau meminjami mereka uang tetapi kepada adik atau kakakmu sendiri kamu pelitnya minta ampun.

Sumber: novel “Hadist for Teenagers – Indahnya berbagi” by.HF Rahardian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar